Recent Comments

Bergabunglah dengan komunitas

Hai sobat bloger, bagaimana kabarnya?

Sudahkah kalian menulis hari ini? jika sudak bagaimana kalian tetap mempertahankan passion untuk tetap menulis di blog?

Kali ini saya akan membahas tentang pentingnya bergabung dengan komunitas. Komunitas apa? komunitas apapun!

Apapun yang dapat mendukung dan memberi pengetahuan lebih dalam hobi dan kesibukanmu adalah komunitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata komunitas memiliki arti sebagai berikut:

komunitas/ko·mu·ni·tas/ n kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu; masyarakat; paguyuban;

Ya, seperti itu. Dengan kata lain kumpulan orang-orang yang mempunyai aktivitas sejenis denganmu adalah komunitas atau paguyuban. 



Lalu bagaimana dengan bloger? adakah komunitas untuk bloger?
NAH ITU DIA, yang saya maksud!

Banyak sekali komunitas bloger dan sejenisnya di Indonesia, bahkan daerahmu. seperti di daerah saya kota Madiun memiliki komunitas bloger bernama BERM (plesetan dari kata BREM) yang berarti nama makanan khas dari kota Madiun.

Sobat bisa bergabung dengan komunitas yang terkenal seperti:
  • Bloger Perempuan
  • Kumpulan Emak Bloger
  • Warung Bloger
  • Indomoto
  • Indonesian Beauty Blogger
  • Indonesian Travel Blogger
Seru sekali ketika kita tergabung dan saling mengakui keberadaan di dalam komunitas ini. Mengasyikkan bukan?




Bergabung dengan komunitas memiliki banyak keuntungan, selain kita bisa cas cus cang cing cong di dalam grup sampai bertemu secara langsung dalam agenda acara yang dibuatnya.

Keuntungan bergabung dengan komunitas:
  • menaikkan traffic blog kita
  • SARANG INSPIRASI
  • lebih dikenal teman sejawat bloger
  • problem and solving seputar blogging
  • jual beli barang di sana atau jual beli blog
  • cari jodoh (ini jauh dari perkiraan saya lho) 

menarik bukan? akan tetapi komunitas juga memiliki ketidakuntungan. Mengapa saya katakan ketidakuntungan bukan kerugian? 
karena tidak ada ruginya bergabung dengan komunitas hehe.

ketidakuntungan bergabung ke komunitas:
  • terlalu ramai
  • menghabiskan kuota (ini berlaku jika kita juga sering nongkrong di sana lho)
  • tidak dikenal jika tidak super
  • diabaikan 
  • terlalu banyak out of topic
  • gosip (nah ini nih)
Ada pula kan ketidakuntungannya? bukan berarti hal tersebut membuat kita rugi lho ya, kita yang harus bersabar dan terus berusaha sampai kita menjadi bloger yang ideal.

Jadi apa sebaiknya kita gabung atau tidak?

Silakan mencari dan bergabunglah untuk menjadi bloger yang lebih baik, daripada sobat seorang single fighter akan menemukan titik jenuh.

Titik jenuh tersebut yang hanya akan hilang ketika kita tergabung dalam komunitas, banyak yang membantu menyelesaikan, memberi semangat untuk terus menulis!

Kita juga bisa menengok blog garapan teman-teman sekomunitas kita untuk mendapatkan inspirasi bahkan keirian.
Mengapa saya katakan iri? bukan dengki lho, ini iri yang bersifat membangun. Saya selalu iri dengan blog teman-teman yang baik dalam segi tampilan maupun artikel.

Bagaimana bisa mereka melakukan itu?
Apakah aku bisa melakukan itu juga?

Timbullah rasa persaingan yang sehat dalam diri saya, untuk memperbaiki blog dengan lebih ideal.

Jadi sobat, masihkah berpikir untuk tidak tergabung dalam komunitas?
THINK AGAIN!

19 komentar

  1. aku jgua sudah bergabung dengan beberapa blogger khusus di kota ku ada namnya BLOGM ( Blogger Medan) tentu banya kkeuntungan . kita bs menambhan persaudaraan, cari jodoh kalau beruntung dan yang jelas sama sama mmebantu dan meningkatkan kemampuan dalam dunia blog juga sih

    meurut aku itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh kok kita ketemuan disini ya jar? hahaha

      jadi kami ini sesama anak BLOG M, paling enak itu ya tulisan kita dishare, di rt in di twitter, heheh

      Hapus
    2. wah cakep tuh!
      udah gabung ke komunitas sip

      Hapus
  2. Aku udah gabung di beberapa komunitas. Ya ada enak dan enggaknya. Tp ada 1 grup, perempuan semua, gak byk dan bahasnya macem2, dr single, keluarga sampai popok bayi. Seru aja sih, hahaha

    BalasHapus
  3. Keuntungan gabung di komunitas blogger utu sangat banyak. Kalao pengalaman aku, tracfik blog akin baik dan bisa berbagi informasi dan dapat info baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, artikelku hanya "nyenggol" kulit luarnya saja. Dalamnya masih buanyak ^^

      Hapus
  4. cieee...yang masuk komunitas kepengen cari .......

    eh, tapi bener lho. masuk komunitas itu kita jadi banyak inspirasi karena komunitas adalah sarang inspirasi

    BalasHapus
  5. Setuju, bergabunglah dengan komunitas hobimu. Ada banyak keuntungan yang didapatkan, daripada kerugian yang diderita. Tergantung manajemen pribadi masing-masing sih. Meski tinggal di daerah dan komunitas belum berkembang di sini, setidaknya saya bisa mengembangkan diri dengan ikut komunitas secara online.

    BalasHapus
  6. Saya setuju dengan keuntungan-keuntungan bergabung ke komunitas seperti yang disebutkan. Tapi, tidak di bagian 'jual beli'.

    Jangan sekali-kali menjadikan bisa jual beli sebagai motivasi bergabung ke komunitas. Itu ngilangin fungsi dan tujuan dari komunitas itu sendiri, dan, tidak semua komunitas mengizinkan jual beli di dalam kegiatanya.

    Paling penting, dan mungkin lupa disebutkan. Percuma bergabung komunitas saja. Harus ditambahkan pula satu kata penting: aktif.

    BalasHapus
  7. Memang segala sesuatu pasti sepaket dengan plus dan minusnya. Tapi sejauh ini Saya lebih baik mengambil porsi yang cukup untuk berkomunitas. Walau ga bisa selalu stay nongkrong disana karena kesibukan. Oh iya, ngmong - ngomong Widya belum pernah gabung di komunitas indomoto hehehe

    BalasHapus
  8. Baiknya memang berkomunitas, karena menjadi penullis (blog) harus panjang pikiran dan kaya ide. berkomunitas sekarang juga bisa di dunia maya. Apalagi banyak manfaatnya.

    Tapi memang perlu selektif memilih komunitas agar tak tersesat di belantaranya.

    BalasHapus
  9. Gara2 berkomunitas, saya jadi banyak kawan sih. Banyak tau. Banyak pengalaman. Jtapi jadi banyak mantengin sosmed dan abai teehadap keejaaan. Hihi

    BalasHapus
  10. Dulu saat belum ikut komunitas..nulis blog lumayan aktif..tapi isinya alay..kalo ga puisi ya curhat..

    Tapi dengan ikut komunitas.. jadi lebih paham dunia perblogeran..dan bisa monetize blog ya dari komunitas

    BalasHapus
  11. Komunitas itu sangatlah asik jika kita gabung. Tetapi, saking banyaknya komunitas blogger terkadang orangnya itu lagi itu lagi haha

    BalasHapus
  12. Paling seru ya jodoh dan dapet gosip hangat duluan kan ya. Jadi tahu kelakuan para bloger dari A sampai Z. Btw komunitas mana yang paling seru nih hehehehehe

    BalasHapus
  13. Aku gabung ke komunitas terus terang niatnya mau cari teman. Karen aku kan anak daerah yang pindah ke ibukota.. Jd cara ekspress cari teman ya gabung di komunitas.. Ada banyak komunitas yang aku ikuti mungkin lebih dari 10, ncc, langsung enak, bakul kue rumahan, aroma, kuliner, recommende online shop, wajah bunda indonesia, bunda blogger indonesia, keb, wb, bcc, isb, brid, blogger cihuy, ifb, blogger muslimah, kagumi, bek3l dll.. xixxi banyak yak.. Ya gitu deh menurutku byk manfaatnya kalau ikut komunitas

    BalasHapus
  14. Selama ini saya senang bisa bergabung dengan komunitas yang anggotanya memiliki kesamaan minat. Seperti komunitas blogger, saya bisa banyak kenal dengan banyak blogger dari berbagai niche, bisa tau banyak tentang ilmu blogging, tempat bertukar informasi dan masih banyak lagi manfaat yang bisa saya dapatkan. Jadi gak percuma, kalau bisa gabung di komunitas.

    BalasHapus
  15. HARUS kalau kata aku mah..
    Karena hal-hal yang dilakukan bersama akan lebih menyenangkan daripada sendiri.

    BalasHapus
  16. uwaaaw
    aku baru tau kalo namanya berm
    lucu unik :D

    btw, aku setuju sama poin2 ketidakuntungannya :D

    BalasHapus

My Instagram